Program Kami

Selamat datang di Bina Antarbudaya,

Kami memiliki 3 program utama yang sampai saat ini masih berlangsung :

1. American Field Service (AFS)

a

Tujuan :

AFS adalah organisasi internasional non-pemerintah, berbasis nirlaba yang menyediakan kesempatan belajar untuk memahami budaya antar negara dan membantu orang-orang didalamnya mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk membuat dunia adil dan damai.

Kegiatan yang dijalankan berdasarkan nilai-nilai inti kami yaitu menghargai perbedaan, mencipatakan harmoni, kepekaan sosial dan toleransi.

Diadopsi pada Kongres Dunia 1993.

AFS merupakan salah satu organisasi nirlaba kedua terbesar di dunia yang berbasis relawan setelah Palang Merah. Kami menawarkan program pertukaran pelajar internasional di lebih dari 50 negara melalui organisasi AFS lokal yang ada di setiap negara. Dalam hal ini, Indonesia diwakili oleh yayasan Bina Anatarbudaya selaku partner dan penyelenggara program.

AFS menyediakan kesempatan untuk membuka wawasan dan pembelajaran antar budaya bagi siswa dan relawan, guru serta keluarga melalui partner country yang tersebar di seluruh dunia.

Komponen dalam sistem AFS ialah siswa yang memenuhi persyaratan dan lulus seleksi akan ditempatkan si salah satu negara pilihan dan tinggal bersama keluarga angkat selama 11-12 bulan.

Program ini berlangsung antara Agustus-Juli (tahun berikutnya)

Keuntungan yang dapat diraih :

Hidup dan beradaptasi di budaya yang baru melalui program-program AFS, sangat membantu siswa dan keluarga angkatnya menghapus istilah “kami” dan “mereka” secara mentalitas, dan untuk membangun hubungan yang baik antar budaya dan bangsa, semuanya akan mengarah kepada pemahaman yang sangat mendalam tentang arti budaya bangsa asli mereka kedepannya.

a

a

2. Youth Exchange and Study (YES)

a

Overview :

YES merupakan sebuah inisiatif program pertukaran pelajar bagi siswa SMA/Se-Derajat yang dibiayai langsung oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Amerika Serikat. Inisiatif ini bertujuan untuk membangun jembatan perdamaian dan pengertian antar negara, khususnya antara warga Amerika Serikat dan penduduk negara-negara lain yang mayoritas populasinya adalah Muslim.

Sejak tahun 2003, lebih dari 2000 pemuda-pemudi dari berbagai negara seperti, Ghana, Libanon, Indonesia dan Bangladesh datang ke Amerika Serikat untuk menjadi “anak angkat” di dalam keluarga Amerika dan bersekolah di SMA Amerika selama satu tahun pendidikan atau satu semester. Siswa YES berbagai kehidupan dan budaya mereka bersama keluarga angkatnya, aktif dan terlibat dalam aktifitas di sekolah dan menjadi relawan dalam komunitas atau organisasi yang ia ikuti. Mereka belajar tentang cara hidup dan budaya warga Amerika dan mengambil nilai-nilai positifnya untuk dibawa pulang ke negaranya, juga membantu warga Amerika untuk memahami budaya serta cara hidup siswa di negara aslinya.

Untuk dapat mengikuti program YES, siswa harus terlebih dahulu lulus ke-empat tahapan seleksi yang diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya, dan memenuhi rekomendasi dari Bina Antarbudaya untuk mengikuti tes YES International di Jakarta, yang mana nantinya akan memutuskan apakah adik-adik terpilih sebagai penerima beasiswa atau tidak.

YES adalah program Full Scholarship, “Beasiswa Penuh” yang diselenggarakan antara Agustus-Juli (tahun berikutnya).

a

a

3. Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS)

a

Brief Outline :

Pada pertemuan kedua East Asia Summit (EAS), yang diselenggarakan pada bulan Januari 2007 lalu, Mr. Shinzo Abe, selaku Perdana Menteri Jepang, mengumumkan sebuah rencana untuk merealisasikan dana sebesar 35 Milyar YEN untuk dianggarkan pada program pertukaran pelajar.

Dengan mengundang 6.000 pelajar ke Jepang, yang mayoritas berasal dari daerah Asia Timur dan Tenggara (ASEAN member) setiap tahunnya selama 5 tahun berturut-turut, berharap untuk mendukuang dan menciptakan solidaritas sesama warga Asia. Berdasarkan rencana ini, pemerintah Jepang telah meluncurkan program JENESYS di tahun 2007. Berbagai jenis program pertukaran termasuk mengundang para pelajar untuk bekerjasama menghilangkan kekhawatiran antarbangsa atas peperangan dan mewujudkan perdamaian di kedua belah pihak.

Program ini berlangsung dengan 3 kategori :

2 weeks short program (program 2 minggu, dimana siswa pada minggu pertama akan tinggal bersama peserta lainnya dari seluruh negara dan berwisata di tempaty-tempat bersejarah di Jepang, kemudian minggu kedua akan tinggal di keluarga angkat dan bersekolah di Jepang). Berlangsung pada bulan Desember.

full-year program (program satu tahun sama seperti AFS dan YES)

teacher exchange (program pertukaran 2 minggu bagi para tenaga pendidik di sekolah menengah di seluruh Indonesia)

Program inipun full-funded, dibiayai penuh oleh pemerintah Jepang.

a

a

Go to main Website :

AMERICAN FIELD SERVICE

YOUTH EXCHANGE AND STUDY

JENESYS PROGRAMME

12 Responses to Program Kami

  1. assalamualaikum wr. wb.

    Bapak/Ibu,
    saya mau nanya kalau untuk program Jenesys 2011 pendaftaran dan seleksinya untuk daerah Banjarmasin sudah apa belum?

    Dan persyaratannya apa saja, mohon konfirmasinya. Saya cari informasi online untuk dareah Banjarmasin susah sekali.

    terimakasih sebelumnya.

    wassalamualaikum wr. wb.

    • zouly says:

      Wa’alaikumslam..

      Bapak Agoes, untuk seleksi Jenesys sendiri sebenarnya dilakukan oleh Kantor Nasional Jakarta, kita dari chapter hanya melaksanakan seleksi umum AFS yang mana nantinya peserta dapat memilih di formulir pendaftaran program apakah yang akan mereka ikuti.

      Jadi untuk dapat lolos seleksi Jenesys, peserta terlebih dahulu harus lolos seleksi AFS dan nanti akan direkomendasikan oleh chapter ke Kantor Nasional untuk diikutkan seleksi Jenesys di sana,

      Berdasarkan pengalaman kami, kami hanya tinggal menerima kabar siapa-siapa saja yang mendapat program Jenesys.

      Persyaratannya sama dengan syarat untuk ikut seleksi AFS secara general pak,

      Semoga jawabannya bisa membantu,

      Salam,

  2. denada says:

    assalamu’alaikum..
    perkenalkan nama saya denada,, skrg saya sdh kls 2 SMA dan umur saya 16 tahun..saya ingin sekali mencoba seleksi bina antar budaya ini..sebenarnya saya pengen banget pertukaran pelajar ke luar negeri..saya pernah diberi tahu oleh teman, bahwa dengan umur skrg saya masih bisa mengikuti Jenesys dari pemerinta..apakah benar?, kalau tidak, apakah ada solusi lain untuk saya yang sangat ingin ke luar negeri with my own abilities ini..??

    sincerely

    denada

    • Hendi says:

      mohon maaf denada. untuk pertukaran pelajar dari bina antar budaya hanya boleh diikuti peserta kelas 1 SMA. mungkin denada bisa coba menanyakan program jenesys yang diselenggarakan oleh depdiknas.

      Untuk mengenai keluar negeri, ada banyak cara seperti mengikuti lomba karya tulis dan kompetisi lainnya. Denada juga bisa keluar negeri melalu jalur beasiswa ketika selesai SMA nanti. ada banyak jalan untuk belajar di luar negeri.

      Sekian dan Terima Kasih.

      Hormat Saya,
      Hendi

  3. ratih says:

    ka, pendaftaran AFS,YES & Jenesys untuk thun 2012-2013 di samarinda sdh di buka kah ? mksi🙂

    • zouly says:

      Untuk di Samarinda sendiri, mohon ditunggu pengumuman di sekolah masing-masing ya, untuk nasional sudah dibuka sejak pertengahan Maret lalu hingga pertengahan April mendatang🙂

  4. asti badriah says:

    assalamu’alaikum wr.wb…

    saya asti, dari bandung, saya masih kelas 9 SMP. saya tertarik mengikuti pertukaran pelajar ini. sebentar lagi saya lulus SMP, apakah bisa saya mengikuti pertukaran pelajar ke australia?
    persyaratannya apa, dan dimana tempat pendaftaran untuk tahun 2011/2012??

    terima kasih…

    wassalamualaikum wr.wb.

  5. ratih says:

    ka, chapter di samarinda ini yang mana yang bener? di jln. grilya atau jln.lambung mangkurat? trus katanya chapternya pindah ke bpp ya?

  6. Yuyan says:

    Assalamualaikum wr.wb… saya yuyan mau bertanya tesnya dalam seleksi mencakup apa saja?

    • zouly says:

      Untuk seleksi Chapter/Propinsi/Kota Tes untuk tahap 1, mencakup:

      – Pengetahuan Umum
      – Bahasa Inggris, dan
      – Mengarang Bahasa Indonesia

      kemudian jika adik lolos, akan maju ke tahap-2, yakni:

      – Wawancara Bahasa Inggris, dan
      – Wawancara Bahasa Indonesia

      setelah itu, tahap-3:
      -Dinamika Kelompok, dan
      -Diskusi Panel

      Jika tiga tahapan tersebut bisa adik lewati, maka adik akan direkomendasikan untuk berjuang di tingkat Nasional dan Internasional,

      Seperti itu,🙂

      Salam,
      admin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s